• Membedakan Cucak Hijau Jantan Dan Betina
  • Membedakan Murai Batu Jantan Dan Betina
  • Membedakan Branjangan Jantan Dan Betina
  • Membedakan Gelatik Jawa Jantan Dan Betina
Saturday, October 26, 2013

Selendang biru Alias Tledekan Biru



Di pasaran terdapat dua jenis burung sikatan jenis ini, yang sering disebut selendang biru, yaitu :
  1. Sikatan biru muda / pale blue flycatcher (Cyornis unicolor )
  2. Sikatan ninon / indigo flycatcher (Eumyias indigo)
Namun yang paling banyak beredar di pasaran adalah sikatan biru mudaSikatan biru muda jantan memiliki warna tubuh bagian atas berwarna biru terang, kekang hitam, tenggorokan dan dada biru muda. Bagian perut berwarna putih keabu-abuan, dengan penutup ekor bawah juga berwarna putih.
Burung betina memiliki tubuh bagian atas berwarna cokelat abu-abu, dengan ekor lebih kecokelatan bercampur merah bata. Lingkar mata dan kekang kuning kecokelatan. Tubuh bagian bawah berwarna cokelat keabu-abuan.
Sikatan biru muda terdiri atas tiga subspesies, dua di antaranya tersebar di luar Indonesia. Adapun satu-satunya subspesies yang dijumpai di negeri kita hanyalah Cyornis unicolor harterti, dengan wilayah persebaran di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Download Kicau Burung Sikatan Biru Muda Klik Disini



Sikatan ninon juga hanya ditemukan di wilayah Sunda Besar (Sumatera, Jawa, Kalimantan). Ada tiga ras dari spesies ini, yaitu :
  • Eumyias indigo ruficrissa : ditemukan di Sumatera.
  • Eumyias indigo indigo : ditemukan di Jawa, dengan ciri-ciri tungging berwarna putih
  • Eumyias indigo cerviniventris : ditemukan di Kalimantan bagian utara (G. Kinabalu ke selatan sampai G. Mulu).
Warna bulu sikatan ninon lebih tua daripada sikatan biru muda, yaitu berwarna biru gelap dengan bagian yang paling gelap berada pada pangkal paruh.
Yang membedakan adalah warna putih di bagian dahi yang melebar hingga alis mata. Warna dada bawah abu-abu yang memudar menjadi putih pada bagian perutnya, dengan tungging berwarna kuning tua.

Download Kicau Burung Sikatan Ninon Jantan Klik Disini

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Selendang biru Alias Tledekan Biru; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment