• Membedakan Cucak Hijau Jantan Dan Betina
  • Membedakan Murai Batu Jantan Dan Betina
  • Membedakan Branjangan Jantan Dan Betina
  • Membedakan Gelatik Jawa Jantan Dan Betina
Wednesday, November 6, 2013

Membedakan Gelatik Jawa Jantan Dan Betina


Gelatik jawa (Padda oryzivora) adalah burung monomorfik atau sulit dibedakan jenis kelaminnya berdasarkan bentuk tubuh. Makanya banyak pemula yang bingung cara membedakan gelatik jawa jantan dan betina. Meski demikian, ada beberapa petunjuk yang bisa kita gunakan untuk membedakan jenis kelamin burung tersebut.
Dalam sebuah artikel di salah satu website mancanegara dijelaskan, burung gelatik jawa atau sering disebut juga  java sparrow/java finch sebenarnya bisa dibedakan jenis kelaminnya melalui pengamatan lingkar mata, warna paruh, dan suaranya.
1. Pengamatan lingkar mata


Pada gambar 1 terlihat lingkar mata burung jantan lebih tebal daripada lingkar mata burung betina. Pengamatan menjadi lebih mudah apabila ada dua ekor burung atau lebih.
2. Pengamatan warna paruh

Paruh burung jantan berwarna lebih menyata (merah tua) daripada burung betina yang berwarna merah terang. Sekali lagi, pengamatan menjadi lebih mudah dilakukan jika kita melakukannya terhadap dua ekor burung atau lebih.
Perbedaan warna paruh ini makin kentara pada burung gelatik jawa yang sudah mengalami mutasi warna.Warna paruh gelatik jawa jantan terlihat lebih kontras ketika dibandingkan dengan betinanya.
3. Mendengarkan suaranya

Perbedaan yang nampak jelas tentu ketika kita mendengar suara yang dilagukannya. Gelatik jawa jantan memiliki kicauan yang lebih bervariasi, sedangkan burung betina monoton.

Mutasi warna gelatik jawa

Dalam perkembangannya, gelatik jawa yang merupakan burung asli indonesia telah menyebar ke berbagai negara, dikembangbiakan sehingga melahirkan banyak varian baru dengan warna-warna yang telah mengalami mutasi. Berikut nama populer hasil mutasi warna pada gelatik jawa.




Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Membedakan Gelatik Jawa Jantan Dan Betina; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

1 comment:

  1. Gan di pbg yg jual gelatik jawa di mana ya gan? Mnta infonya dong gan

    ReplyDelete