• Membedakan Cucak Hijau Jantan Dan Betina
  • Membedakan Murai Batu Jantan Dan Betina
  • Membedakan Branjangan Jantan Dan Betina
  • Membedakan Gelatik Jawa Jantan Dan Betina
Friday, October 11, 2013

Burung Cikrak Daun, Burung “Mozambik”nya Orang Indonesia



Cikrak daun atau mountain leaf-warbler (Phylloscopus trivirgatus ) adalah burung kecil mungil yang bersuara mirip burung mozambik. Cikrak daun pada sekarang ini sangat dicari oleh kicau mania di indonesia karena suaranya yang khas mirip mozambik. Ada beberapa sebutan untuk burung cikrak daun sesuai dengan masing-masing daerah di indonesia, misalnya burung tralis, pare-pare, blereng, atau sirlis. Yang membuat banyak kicaumania kesengsem adalah suaranya yang ngerol seperti mozambik atau blackthroat. Ciri-ciri burung cikrak daun ada garis strip pada mahkota dan alis sangat mencolok, postur tubuhnya sebenarnya mungil sekali, dengan panjang tubuh hanya sekitar 11 cm. Seluruh bulu di tubuhnya didominasi warna kuning dan hijau. Warna tubuh bagian atas (termasuk punggung) hijau zaitun, tanpa garis pada sayapnya. Sedangkan tubuh bagian bawah (dada dan perut) berwarna kekuningan, bagian atas kepala (mahkota) hingga daerah yang sejajar dengan mata berwarna gelap, ada yang hitam atau abu-abu tua. Tetapi ada strip kuning mencokok atau hijau zaitun di bagian mahkota dan alis matanya.
Wilayah persebaran burung cikrak daun mencakup tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Filipina, tergantung subspesiesnya. Secara keseluruhan ada 11 subspesies cikrak daun, yaitu :
  1. Phylloscopus trivirgatus trivirgatus (Strickland, 1849) : Sumatera, Jawa, Bali, Lombok dan Sumbawa.
  2. Phylloscopus trivirgatus parvirostris (Stresemann, 1912) : Semenanjung Malaysia (dari selatan Perak sampai Pahang).
  3. Phylloscopus trivirgatus kinabaluensis (Sharpe, 1901): Gunung Kinabalu (dan kemungkinan juga terdapat di daerah Pegunungan Muratus), Kalimantan bagian utara. Ciri: lebih abu-abu dan kurang kuning.
  4. Phylloscopus trivirgatus sarawacensis (Chasen, 1938) : Kalimantan bagian utara dan barat-laut (Pegunungan Trus Madi, Mulu dan Nyiut, Pegunungan Poi di Sarawak barat).
  5. Phylloscopus trivirgatus benguetensis (Ripley & Rabor, 1958) : Filipina utara (Luzon utara).
  6. Phylloscopus trivirgatus nigrorum (Moseley, 1891) : Filipina tengah dan tengah bagian utara (Luzon selatan, Mindoro, Panay, Negros).
  7.  Phylloscopus trivirgatus flavostriatus (Salomonsen, 1953) : Gunung Katanglad dan pegunungan di provinsi Misamis Oriental, di Mindanao tengah bagian utara, Filipina.
  8. Phylloscopus trivirgatus diuatae (Salomonsen, 1953) : Camiguin Sur dan Mindanao timur-laut (Gunung Hilong-Hilong), di Filipina selatan.
  9. Phylloscopus trivirgatus malindangensis (Mearns, 1909) : Semenanjung Zamboanga dan Gunung Malindang, di barat-laut Mindanao.
  10. Phylloscopus trivirgatus mindanensis (E. J. O. Hartert, 1903) : Mindanao selatan (Gunung Apo, Gunung Mayo), Filipina.
  11. Phylloscopus trivirgatus peterseni (Salomonsen, 1962) : Filipina barat (Palawan) 

DOWNLOAD Kicau Burung Cikrak Daun Klik Disini

SUMBER : Berbagai Sumber
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Burung Cikrak Daun, Burung “Mozambik”nya Orang Indonesia; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment