• Membedakan Cucak Hijau Jantan Dan Betina
  • Membedakan Murai Batu Jantan Dan Betina
  • Membedakan Branjangan Jantan Dan Betina
  • Membedakan Gelatik Jawa Jantan Dan Betina
Thursday, October 3, 2013

Kenari Lizard Kenari Tertua Didunia




Kenari lizard adalah varietas kenari tertua di dunia. Kenari lizard termasuk dalam salah satu keturunan kenari yang paling tua. Kenari lizard yang mulai dikenalkan di Eropa pada akhir dekade 1600-an, pertama kali dikembang biakan pada tahun 1700-an. Dinamai kenari lizard karena keindahan dari ciri-ciri bulunya yaitu bintik-bintik hitam berbentuk sabit yang menelusuri punggung dan dadanya menyerupai sisik kadal, pada kepalanya muncul pigmen warna kuning yang membuat burung ini lebih mudah dikenali. Namun ada juga yang tidak memiliki warna kuning di bagian kepalanya. Kenari lizard hampir punah pada awal tahun 1900an karena kerusakan yang ditimbulkan akibat perang dunia kedua dan wabah penyakit. Kemudian asosiasi kenari lizard dari britania raya (inggris) memulai program penangkaran untuk menyelamatkan kenari jenis ini dari kepunahan.
Sekitar tahun 1950, Bob Yates yang saat itu menjabat sekretaris Canary Colour Breeder’s Association sukses menangkarkan sejumlah kenari lizard dengan warna berbeda, termasuk warna putih dan merah bata. Namun, ketika itu hasil penangkarannya dianggap belum mencapai kesempurnaan. Meski demikian, ini membuktikan pada dunia bahwa kenari lizard bisa dikembangbiakan dengan warna berbeda.
Pada tahun 1970, sejumlah peternak berhasil menggabungkan pigmen warna pada sisik kenari lizard dengan pigmen mutasi yang dikenal dengan pigmen satin (satinette). Hasilnya adalah warna mutiara atau pearl. Dari perkembangannya kenari lizard mulai dibentuk menjadi kenari yang anggun, mewah, dan memiliki warna unik. melalui penggabungan pigmen maupun perkawinan silang (cross breeding / crossing).
Kenari lizard terdiri dari empat warna : Gold Lizard, Silver lizard, Blue lizard dan Red lizard.
Beberapa gambar mengenai Kenari lizard :



Kenari lizard termasuk populer dan termasuk jenis burung yang mudah ditangkarkan, pola skala karakter yang disebut "spangling" adalah aspek yang paling penting ketika menampilkan burung ini. Kenari lizard juga memiliki 'topi' berwarna kuning diatas kepalanya. termasuk kedalam kenari tipe (type canary) yang artinya kenari jenis ini dikembang biakan untuk penapilan fisik mereka daripada suara ataupun warnanya.
Sampai sekarang kenari lizard dianggap sebagai kenari yang memiliki prospek bagus untuk dikawin silangkan dengan berbagai jenis kenari lain. Hal ini berpotensi menghasilkan aneka kenari warna yang unik, karena itu kenari lizard tetap eksis hingga sekarang.

Download Kicauan Kenari Lizard Klik Disini

SUMBER : Berbagai Sumber


Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Kenari Lizard Kenari Tertua Didunia; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment