• Membedakan Cucak Hijau Jantan Dan Betina
  • Membedakan Murai Batu Jantan Dan Betina
  • Membedakan Branjangan Jantan Dan Betina
  • Membedakan Gelatik Jawa Jantan Dan Betina
Saturday, October 26, 2013

Sikatan Biru Putih (Cyanoptila Cyanomelana) Alias Tledekan Laut


Burung sikatan biru putih (Cyanoptila cyanomelana) alias tledekan laut atau sulingan laut juga punya banyak penggemar di Indonesia. Suara aslinya merdu, meski umumnya termasuk tipe suara subsong (seperti ngeriwik tetapi kencang).
Burung jantan memiliki tubuh bagian atas berwarna biru mengkilap, sedangkan bagian muka, leher dan dada atas berwarna hitam. Adapun bagian dada bawah, perut, hingga penutup ekor berwarna putih.
Burung betina memiliki tubuh bagian atas berwarna cokelat abu-abu. Sayap dan ekor berwarna kecokelatan, sedangkan tenggorokan tengah dan perut putih.
Tledekan laut sebenarnya bukan merupakan burung yang biasa ditemukan di Indonesia, tetapi termasuk burung migran dengan dua subspesies yaitu:
  • Cyanoptila cyanomelana cumatilis : berkembang biak di China bagian timur, Rusia bagian tenggara dan Korea Utara. Saat musim dingin, mereka bermigrasi ke Laos dan Vietnam, Sunda Besar, dan Filipina.
  • Cyanoptila cyanomelana cyanomelana : berbiak di Kepulauan Kuril, Jepang, dan Korea Selatan. Ketika musim dingin, mereka bermigrasi ke Taiwan, China bagian tenggara (Hainan), Indochina, Filipina, dan Kalimantan.
Untuk mengetahui lebih banyak mengenai burung sikatan biru putih atau tledekan laut.
Download Kicau Burung Sikatan Biru Putih Klik Disini

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Sikatan Biru Putih (Cyanoptila Cyanomelana) Alias Tledekan Laut; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

1 comment:

  1. Maaf kalau lancang, ada koreksi untuk foto sulingan laut betina bukan yang diatas pak, itu foto jantan yang masih remaja, tolong diganti agar tidak menyesatkan yang lain. trims
    ini ada sedikit referensi untuk mengetahui burung jantan atau betina :
    http://orientalbirdimages.org/search.php?Bird_ID=2657&Bird_Image_ID=33560&p=41

    http://orientalbirdimages.org/search.php?Bird_ID=2657&Bird_Image_ID=33560&p=41

    ReplyDelete