• Membedakan Cucak Hijau Jantan Dan Betina
  • Membedakan Murai Batu Jantan Dan Betina
  • Membedakan Branjangan Jantan Dan Betina
  • Membedakan Gelatik Jawa Jantan Dan Betina
Saturday, October 26, 2013

Sikatan Cacing (Cyornis Banyumas)


Sikatan cacing (Cyornis banyumas) sering disebut sebagai tledekan gunung jawa. Padahal, spesies ini juga dapat ditemukan di Kalimantan.
Pada burung jantan, tubuh bagian atas berwarna biru tua. Sedangkan kekang, daerah sekitar mata, pipi depan serta bercak pada dagu berwarna hitam.
Dahi dan alisnya pendek, yang berwarna biru muda. Sedangkan tenggorokan, dada, dan sisi tubuh berwarna jingga. Bagian perut berwarna putih.
Burung betina memiliki warna yang sama sekali berbeda dari burung jantan, yaitu tubuh atas berwarna kecokelatan, dengan lingkar mata berwarna kuning tua. Sedangkan tubuh bagian bawah mirip burung jantan, namun warnanya lebih pucat.


Burung sikatan cacing bukan hanya terdapat di Indonesia. Secara keseluruhan ada delapan subspesies / ras, dengan wilayah persebaran di sejumlah negara Asia. Dari delapan ras tersebut, tiga di antaranya terdapat di Indonesia, yaitu :
  • Cyornis banyumas ligus : banyak ditemukan di Jawa Barat.
  • Cyornis banyumas banyumas : banyak ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  • Cyornis banyumas coeruleatus : ditemukan di Kalimantan.
Bagi para penggemar burung di Indonesia, tledekan jenis ini dikenal memiliki karakter, mental, dan suara yang bagus. Selain itu, burung juga lebih mudah berkicau dengan ngeroll dengan ciri khasnya “nyeklek“.

Download Kicau Burung Sikatan Cacing Klik Disini


Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Sikatan Cacing (Cyornis Banyumas); Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment